9 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Livin Mandiri: Syarat & Biaya

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Livin Mandiri – Terdapat cukup banyak cara bisa dilakukan bagi setiap peserta BPJS Kesehatan, salah satunya adalah transfer bank. Saat ini terdapat cukup banyak bank telah bekerja sama dengan pihak dari BPJS Kesehatan, sebagai contohnya saja adalah bank Mandiri. Jika kalian merupakan nasabah dari Bank Mandiri, maka bisa memilih beberapa opsi tersedia yakni ATM BCA dan Livin Mandiri sebagaimana merupakan aplikasi perbankan dari bank tersebut.

Dengan adanya aplikasi perbankan seperti Livin Mandiri memang diuntungkan akan banyak hal termasuk pembayaran BPJS Kesehatan pastinya, adapun untuk caranya memang tidak jauh berbeda seperti kalian bayar BPJS Kesehatan lewat Alfamart. Jika sebelumnya belum melakukan transaksi tersebut di aplikasi Livin Mandiri, kami yakin pasti setiap peserta bakalan bingung ketika ingin membayar lewat metode tersebut.

Sama seperti halnya ketika kalian ingin membayar lewat Alfamart, setiap peserta diharuskan mempersiapkan nomor virtual account BPJS, dimana itu merupakan syarat utama untuk melakukan pembayaran. Adapun untuk mendapatkan kode pembayaran tersebut memang sangat mudah sekali, kalian bisa cek langsung lewat kartu yang sudah didapatkan dan bisa juga lewat aplikasi Mobile JKN dimana kalian akan mendapatkan informasi lebih lengkap pastinya.

Buat kalian yang baru pertama kali bayar BPJS Kesehatan lewat aplikasi mobile banking dari Mandiri, pastinya belum mengetahui secara sepenuhnya mulai dari syarat dan ketentuan berlaku. Baiklah karena banyak orang yang penasaran dengan itu semua maka simak langsung ulasan dari Rsuddepatihamzah.id mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat Livin Mandiri seperti dibawah ini.

Daftar Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3

Beberapa peserta dari BPJS Kesehatan memang dilanda kebingungan dengan adanya kebijakan pemerintah untuk menghapus Kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3, nantinya setiap peserta diharuskan membayar Kelas Standar Rawat Inap (KRIS), Adapun semua itu akan berjalan secara bertahap dan akan berlaku keseluruhan pada tahun 2025.

Namun untuk sementara ini setiap peserta masih memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas yang sebelumnya telah dipilih. Karena masih banyak yang bingung, disini kami akan informasikan kepada kalian semua akan iuran dari Kelas 1, 2 dan 3 seperti dibawah ini.

  • Kelas 1 dikenakan tagihan sebesar Rp 150.000 per bulan
  • Kelas 2 dikenakan tagihan sebesar Rp 100.000 per bulan
  • Kelas 3 dikenakan tagihan sebesar Rp 35.000 per bulan (Tarif normal Rp 45.000 karena ada bantuan dari pemerintah sebesar Rp 6.000 jadi cukup bayar Rp 35.000 saja)

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Lewat Livin Mandiri

Sebagaimana telah disampaikan seperti diatas, pihak dari BPJS Kesehatan melakukan bekerja sama dengan banyak pihak bank termasuk dari bank Mandiri. Sesuai dengan ketentuan berlaku, setiap pelanggan diharuskan untuk melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Adapun untuk persyaratan pertama, silahkan cek terlebih dahulu apakah invoice mengenai tagihan setiap bulan sudah muncul atau belum, meskipun kalian bisa melakukan pembayaran 1 sampai 3 bulan sekaligus.
  • Silahkan persiapkan kode pembayaran atau nomor Virtual Account BPJS Kesehatan, untuk mengetahui nomor VA bisa di cek lewat kartu dimiliki dan aplikasi Mobile JKN.
  • Berikutnya tinggal persiapkan saja apakah sudah memiliki aplikasi Livin Mandiri, jika belum memiliki silahkan download dan lakukan registrasi akun.
  • Terakhir tinggal pastikan jika perangkat HP sudah terhubung dengan koneksi internet stabil, sehingga proses dapat berjalan lancar.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Livin Mandiri

Lalu berlanjut ke pembahasan utama kali ini yakni cara bayar BPJS Kesehatan lewat aplikasi mobile banking Livin Mandiri, disini kami anggap jika kalian telah melengkapi sama syarat dan ketentuan. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan sudah kami persiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

1. Buka Aplikasi Livin Mandiri

1 Buka Aplikasi Livin Mandiri

Silahkan jalankan aplikasi Livin Mandiri terlebih dahulu melalui perangkat HP, namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu jika koneksi internet terhubung stabil agar proses berjalan lancar.

2. Pilih Menu Bayar

2 Pilih Menu Bayar

Apabila berhasil masuk ke halaman utama dari aplikasi Livin Mandiri, pada tahap ini silahkan pilih saja menu Bayar.

3. Tap BPJS

3 Tap BPJS

Kemudian akan muncul banyak menu tersedia, silahkan langsung saja pilih menu BPJS.

4. Pilih BPJS Kesehatan Keluarga

4 Pilih BPJS Kesehatan Keluarga

Karena ada cukup banyak pilihan tersedia, silahkan pilih pembayaran BPJS Kesehatan Keluarga.

5. Masukkan Nomor VA

5 Masukkan Nomor VA

Lalu langkah berikutnya tinggal masukkan saja nomor VA, disini kalian wajib memasukkan nomor VA yang benar yakni kode perusahaan dan dilanjutkan masukkan nomor BPJS Kesehatan.

6. Jumlah Bulan Dibayarkan

6 Jumlah Bulan Dibayarkan

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, silahkan tentukan berapa bulan yang akan dibayarkan apakah 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan bahkan sampai 12 bulan juga bisa.

7. Konfirmasi

7 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Livin Mandiri

Nantinya akan muncul detail tagihan yang harus dibayarkan, disini kalian tidak dikenakan biaya layanan alias gratis.

8. Masukkan PIN

8 Masukkan PIN

Untuk selesaikan transaksi kali ini, silahkan masukkan PIN Livin Mandiri dengan cara input manual ataupun juga Sidik Jari dan Face ID.

9. Berhasil

9 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Livin Mandiri Berhasil

Selesai, sampai disini kalian sudah berhasil melakukan pembayaran BPJS Kesehatan lewat Livin mandiri.

Akhir Kata

Nah, seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat Livin Mandiri disertai dengan syarat dan ketentuan dapat Rsuddepatihamzah.id sampaikan. Semoga saja dengan adanya penjelasan tersebut bisa membantu kalian semua sedang membutuhkan informasi diatas.