Akun JMO Tidak Ditemukan Saat Mencoba Login? Cara Mengatasi!

Akun JMO Tidak Ditemukan – Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentu merasa dibuat nyaman dengan kehadiran layanan aplikasi bernama JMO (Jamsostek Mobile). Anda bisa mendownload secara gratis di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Dengan penggunaan aplikasi JMO, maka urusan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan akan lebih praktis dan singkat. Contoh saja Anda bisa melakukan cek saldo, cek BSU, pengkinian data, klaim JHT, tracking klaim dan masih banyak lainnya.

Namun dalam penggunaan aplikasi JMO tidak semua pengguna berjalan lancar dalam pengaksesannya, ada kalanya masalah menghampiri. Seperti kejadian lupa password JMO, tidak bisa cek saldo atau bahkan akun JMO tidak ditemukan.

Membahas mengenai masalah akun JMO tidak ditemukan saat coba login, mungkin akan membuat pengguna merasa bingung padahal username (email) dan password dimasukkan sudah benar. Lantas mengapa hal ini terjadi? Apa penyebabnya?.

Akun JMO Tidak Ditemukan

Jika Anda bertanya seperti itu, karena saat ini sedang mengalaminya. Maka dengan membuka dan membaca artikel ini Anda berada di pilihan yang tepat, karena pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan secara lengkap kasus ini.

Secara umum kejadian akun tidak ditemukan saat mencoba login akan muncul sebuah pop up pada layar tampilan aplikasi. Di mana pop up tersebut muncul keterangan “akun tidak ditemukan, pastikan nik dan kpj anda sudah terdaftar”. Lihat gambar di bawah ini!.

Akun JMO Tidak Ditemukan Saat Mencoba Login

Penyebab Akun JMO Tidak Ditemukan

Lantas apa penyebab dari kejadian akun JMO tidak ditemukan? Pasti banyak pengguna yang alami hal serupa akan menanyakan hal seperti itu. Menjawab pertanyaan penyebab sendiri, dari pengalaman dan informasi pengguna lain, penyebab dikarenakan:

1. Masih Menggunakan Aplikasi JMO Versi Lama

Penyebab pertama bisa jadi karena Anda para peserta BPJS Ketenagakerjaan masih menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile versi lama. Seperti diketahui, setiap aplikasi akan mendapat pembaharuan yang dilakukan oleh pihak pengembang.

2. Belum Pernah Lakukan Pembaharuan Password

Penyebab kedua, masih berhubungan dengan penyebab di atas. Di mana para pengguna aplikasi JMO masih menggunakan aplikasi versi lama dan belum pernah melakukan ganti atau pembaharuan sama sekali dari awal buat sampai kejadian ini dialami.

Dengan begitu, saat peserta BPJS Ketenagakerjaan atau pengguna aplikasi JMO sudah log out dan melakukan ingin mencoba login kembali maka akan muncul sebuah pop up keterangan seperti gambar yang ada di atas.

Cara Mengatasi Akun JMO Tidak Ditemukan

Jika sudah tahu mengenai apa penyebab yang menjadikan akun tidak ditemukan di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui cara mengatasinya. Bagi yang belum tahu cara mengatasi masalah akun JMO tidak ditemukan, simak di bawah ini:

1. Gunakan Aplikasi JMO Versi Terbaru

Saat kejadian akun tidak ditemukan saat mencoba untuk login, seperti masalah pertama yakni penggunaan aplikasi versi lama maka solusi maupun cara mengatasinya adalah dengan mencoba untuk melakukan update aplikasi JMO versi terbaru.

Bisa juga Anda uninstall aplikasi JMO terlebih dahulu, kemudian instal kembali aplikasi versi JMO terbaru. Anda bisa mendownload aplikasi Jamsostek secara gratis di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Jika berhasil melakukan download aplikasi JMO dan sudah terpasang di HP, maka silakan login kembali menggunakan email terdaftar dan passwordnya. Secara umum cara mengatasi ini berhasil dan Anda bisa login untuk akses aplikasi JMO.

2. Reset / Buat Kata Sandi Baru

Jika cara pertama tetap tidak berhasil menyelesaikan masalah akun tidak ditemukan, maka ada solusi kedua yakni dengan reset kata sandi dan membuat kata sandi JMO baru melalui fitur / menu Lupa Kata Sandi?.

Perihal cara buat kata sandi baru JMO dengan reset password bisa Anda simak di pembahasan sebelumnya. Karena sudah pernah kami sampaikan bagaimana proses dan langkah buat kata sandi JMO lengkap gambar tutorialnya.

Pastikan dalam membuat kata sandi JMO harus memenuhi syarat ketentuan yang ada. Adapun ketentuan dalam pembuatan kata sandi login aplikasi JMO yakni:

  • Kata sandi dibuat minimal 8 karakter.
  • Terdiri setidaknya 1 huruf kapital.
  • Terdiri setidaknya 1 huruf kecil.
  • Terdiri setidaknya 1 angka.
  • Terdiri setidaknya 1 karakter khusus.

Jadi pastikan saat membuat kata sandi atau password baru JMO harus mengandung unsur maupun ketentuan di atas. Usahakan buat kata sandi yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh orang lain.

Dengan dua cara di atas, masalah akun JMO tidak ditemukan bisa teratasi. Jadi bagi Anda yang alami hal serupa, jangan langsung panik dan cemas, di atas kami sudah bagikan informasi penyebab serta cara mengatasinya.

Kesimpulan

Mungkin seperti itu saja yang dapat rsuddepatihamzah.id sampaikan mengenai masalah atau kasus akun JMO tidak bisa login meskipun username dan password sudah benar akan tapi tetap gagal login.

Di pembahasan kali ini kami juga bahas mengenai apa faktor penyebab beserta cara mengatasinya. Jadi semoga adanya pembahasan akun tidak ditemukan yang kami berikan bisa membantu, terutama bagi yang mengalaminya.

Sumber Gambar : kemensos.go.id